Sabtu, 06 Februari 2016

Makanan dan Minuman khas Kerinci



Kerinci termasuk dalam Provinsi Jambi yang mempunyai sejumlah destinasi wisata alam yang indah. Pertama tentu saja Gunung Kerinci bagi mereka yang suka dengan wisata petualangan. Ada lagi danau Kerinci, danau Kaca dan danau Gunung Tujuh. Namun tak hanya obyek wisata yang bisa dinikmati, kabupaten Kerinci pun memiliki aneka kuliner khas yang mampu menggugah selera.
Mungkin karena hawa dingin di sini ya, jadi banyak jenis menu makanan khas di daerah Kerinci Jambi yang menyajikan masakan berkuah panas. Tak cuma itu, masyarakat setempat pun sering menyeduh minuman khas demi menghangatkan tubuh mereka. Beberapa warisan kuliner berikut ini harus anda cicipi ketika berlibur di kawasan Kerinci, Jambi :



Penduduk lokal di kabupaten Kerinci memiliki tradisi unik dengan mengumpulkan kawo yakni tunas muda pohon kopi yang malah jadi gulma. Daun-daunan tersebut diambil untuk kemudian diseduh menjadi minuman khas. 
  


Kawo ini dalam menghidangkan pun unik karena disajikan di dalam batok kelapa. Untuk mereka yang tak biasa meminumnya mungkin menganggap Kawo mempunyai citarasa yang asing. Masyarakat Kerinci meyakini jika minuman Kawo ini bisa meredakan ketagihan pada kopi, menangkal gangguan asam urat, menghindarkan terjadinya rematik dan bisa memperkuat stamina tubuh. Sehabis bepergian ke sejumlah destinasi wisata di kabupaten Kerinci mungkin Anda harus menjajal minuman air Kawo ini.







Kedai  makan Soto Semurup telah ada sejak puluhan tahun lalu di dalam area Pasar Semurup. Untuk ke sana cuma butuh naik kendaraan sekitar 20 menit bila ditempuh dari Sungai Penuh. Masakan khas ini sedikit mirip dengan soto-soto yang ada dengan pelengkap berupa soun, perkedel kentang serta potongan dendeng sapi renyah. Benar-benar lezat ketika dinikmati untuk melawan hawa dingin di kawasan Kerinci. Aneka bumbu penyumbang rasa gurih pada kuahnya diolah dari berbagai rempah yang dihasilkan olen pertanian di sana.




Di kawasan Kerinci terdapat danau yang membentang luas sebagai habitat alami ikan Semah yang banyak ditangkap oleh para nelayan. Ikan Semah adalah jenis ikan air tawar yang terhitung langka. Keberadaannya cuma ditemukan di perairan Sungai Batang Merangin dan Danau Kerinci. Ikan favorit ini bisa dimasak untuk dijadikan hidangan nikmat oleh masyarakat Kerinci. Ketika berlibur ke Kerinci jangan lupa mencoba menu gulai ikan Semah ini. Citarasa asam dan pedas pada dagingnya berpadu dengan segarnya kuah kuning yang pekat. Dijamin mulut anda tak mau berhenti menyantapnya hingga ludes. Restoran yang dapat didatangi salah satunya yakni Restoran Ikan Semah yang beralamat di Jl. R.E Martadinata Kota Sungaipenuh sekitar 1/2 jam bila ditempuh dari Kabupaten Kerinci. 


 4. Dendeng Batokok



Dendeng batokok adalah dendeng daging lembu yang lembut karena digepok/tumbuk dengan batu hingga gepeng. Disajikan setelah dipanggang kembali dengan sambal merah nan pedas. Soal rasa, wah tak bisa digambarkan saat dagingnya masuk kedalam mulut. Hmmm. Apakah aksara dan angka bisa menjelaskan rasa nikmat?.

5. Beras Payo

Biasanya, warung makan asal kerinci akan menulis “Beras Payo Kerinci” di muka warung untuk menyatakan bahwa mereka hanya menyajikan makanan khas dengan beras tersebut, bukan beras asalan lho.


Beras Payo Kerinci adalah beras nikmat, terasa pulen dengan bulir beras besar-besar. Ini adalah bibit padi asli Kerinci. Usia jenis padi ini mungkin sudah lebih dari lima abad. Seperti la
yaknya padi asli Nusantara lainnya, usia tanam padi payo hingga panen memakan waktu lebih dari enam bulan.

Yang pasti, Beras Payo Kerinci dengan bulir padi yang besar-besar memang terasa nikmat berpadu dengan lauk-pauk asal Kerinc
i. Kalau anda berkunjung ke Kerinci, jangan lupa mampirlah di Warung Makan Kerinci yang bertulis Beras Payo Kerinci.

6. Dodol kentang

Dodol kentang berasal dari bahan dasar kentang, dan diciptakan berbagai rasa, mulai dari rasa pandan, gula aren, hingga rasa durian. 



7. Sirup Kayu Manis

Dan yang paling khas di Kota Sungai Penuh dan Kerinci, yaitu minuman yang memiliki banyak khasiat, Sirup Kayu Manis. Sirup ini, berbahan dasar asli kayu manis, yang kemudian diolah menjadi sirup. Penyajian sirup kayu manis ini, biasanya disajikan bersama dengan teh hangat, yang kemudian disatukan dan diaduk. Setelah meminum sirup kayu manis ini, tenggorokan dan perut terasa begitu hangat.  



Bukan hanya rasa yang menggiurkan, namun khasiat dari sirup ini begitu banyak, diantaranya :
  1. Menghangatkan badan
  2. Mencegah pegal linu
  3. Mencegah reumatik
  4. Melancarkan aliran darah
  5. Mencegah masuk angin
  6. Dan mengembalikan kondisi tubuh
Dan masih banyak makanan dan minuman khas Kerinci, yuck ke Kerinci….!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar